Friday, August 5, 2016

Muassis Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah

KH. ZUBAIR DAHLAN
Beliau merupakan putra ke dua Kh. Dahlan Sarang, yang lahir pada tahun 1323 H. Beliau lahir bertepatan dengan muqimnya Kyai Syu’aib di Makkah .
Dari kecil beliau terkenal cerdas dan terlihat bakatnya untuk belajar ilmu-ilmu syar’i. Beliau belajar pada ayahnya dan pamannya mulai dari al-qur’an sampai ilmu-ilmu agama yang tergambarkan dalam kitab khulasah Ibnu Malik, Fathul Wahab dan lain-lain.
Menapaki umur 17 tahun, beliau bersama kakek dan neneknya berangkat ke Makkah dan menetap selama 3 tahun dan belajar kepada Kyai Baqir Al Jawi, Syaikh Sa’id Al Yamani, Syaikh Hasan Al Yamani bersama dengan pamannya Kyai Imam Kholil.
Sekembali dari Makkah beliau kemudian melanjutkan belajar pada Syaikh Faqih bin Abdul Jabbar Maskumambang. Di sana beliau belajar kitab Tafsir, Jam’ul jawami’, Syarh Ummu barohin.
Pada tahun 1931 H beliau berangkat lagi ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Dalam kesempatan ini beliau bertemu dengan ulama-ulama besar kala itu, diantaranya: Sayyid Alawi bin Abbas, dan Syaikh Yasin Al-Fadani. Pada beliau-beliau ini Kyai Zubair belajar walaupun sebentar, tetapi beliau mendapatkan banyak sekali ijazah dari beliau-beliau, khususnya Syaikh Yasin. Dan kesemuanya dapat beliau hafal dan beliau cerna dengan baik dan ini merupakan keistimewaan beliau.
Muncul ide untuk mendirikan Madrasah Banat Al-Ghozaliyyah
Suatu ketika Kyai Zubair berangkat sholat Jum’at, beliau melewati kampung-kampung yang ada di sekitar Sarang. Melihat pemandangan dari perilaku wanita-wanita di kala itu beliau merasa prihatin untuk kemudian mengisyaratkan di dirikannya Madrasah Banat Al-Ghozaliyyah. Semoga Allah memberikan rahmat bagi beliau. Amin…
KH. ABDUL MUJIB
Beliau adalah putra dari KH. Husain yang lahir pada tahun 1930-an juga kakak dari K. Hamzawi yang berjuang bersama-sama mengibarkan syi’ar islam di Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah ini.
Setelah beliau menimba ilmu di beberapa Madrasah diantaranya yaitu di Madrasah Ghozaliyyah Syafi’iyyah & Lirboyo, beliau menikah dengan Ibu Nyai Sa’idah yang merupakan adik dari KH. Maimoen Zubair. Namun dari pernikahan tersebut beliau tidak dikaruniai putra. Perjuangan beliau berakhir pada tahun 1971 M, karena pada tahun itulah beliau dipanggil menghadap kepada Sang kholiq. Jazãhullohu khoirol jaza’, amin.

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 comments:

Post a Comment