Wednesday, May 10, 2017

Aktifitas Pembelajaran Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah

KBM atau Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah dilaksanakan dari hari sabtu sampai dengan hari kamis. Hari jum’at adalah hari libur siswi.

Musyawaroh sore adalah kegiatan rutin setiap hari yang membahas seputar fan Fiqih dan Nahwu diikuti oleh semua siswi Madrasah yang berdomisili di pondok pesantren dan wilayah sarang.

1.  KEGIATAN HARIAN

07.20-07.30       : Muhafadhoh pagi bersama
07.30-08.30       : Pelajaran jam pertama
08.30-09.30       : Pelajaran jam kedua
09.30-09.55       : Istirahat
09.55-10.55       : Pelajaran jam ketiga
10.55-11.55       : Pelajaran jam keempat
11.55-12.00       : Muhafadhoh siang bersama
15.40-15.50       : Muhafadhoh sore bersama
15.50-16.50       : Musyawaroh (pendalaman materi melalui diskusi)

2.  KEGIATAN PER TRIWULAN

a.  Ikhtibar, kegiatan ini dilaksanakan tiap triwulan sekali bertujuan untuk menguji kemampuan siswi dalam menerima pelajaran selama satu triwulan. Syarat bagi siswi yang mengikuti ikhtibar harus sudah Muhafdhoh pada wali kelas masing-masing, kemudian bagi siswi yang berprestasi akan mendapatkan dispensasi pembayaran Syahriyah.

b. Kuliah jum’at mengangkat tema Fiqhun Nisa’ dan Muamalah dengan mendatangkan tutor dari asatidz Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah. Kegiatan ini bertujuan selain para siswi mengkaji masalah fiqih juga mampu mempraktekkan-nya dalam kehidupan sehari-hari

c.  Bahtsul mauqufah, adalah kegiatan diskusi yang membahas masalah-masalah fiqih yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Selain membahas, para siswi harus mampu memberikan pertanggungjawaban atas jawaban mereka dengan rujukan referensi kitab-kitab para ulama. Dan kegiatan ini terbagi menjadi 3:

·  Bahtsul Mauqufah perkelas  yang diikuti oleh delegasi kelas V Ibtida’ sampai kelas  III Tsanawiyyah
·     Bahtsul Mauqufah Gabungan meliputi ;
ü  Bahtsul Mauqufah Gabungan Ibtida’iyyah yang diikuti oleh delegasi dari kelas V dan VI Ibtida’iyyah
ü  Bahtsul Mauqufah Gabungan Tsanawiyah yang diikuti oleh delegasi dari kelas I, II dan III Tsanawiyyah
· Bahtsul Mauqufah ISMAPI yang diikuti oleh delegasi kelas V  Ibtida’ sampai kelas  II Aliyah

d.     Muhafadhoh Master, adalah sima’an muhafadhoh yang disimak oleh siswi tingkat Aliyah dan oleh master muhafadhoh tiap kelas. Kegiatan ini sebagai syarat untuk bisa muhafadhoh pada wali kelas.

e.     Karya Imiah adalah kegiatan tulis menulis mengangkat tema Fiqhun Nisa’ dan Mu’ammalah yang ditulis oleh tim karya ilmiah diambilkan dari siswi-siswi yang berbakat menulis.

f.      Transliterasi Kitab, adalah kegiatan menerjemah kitab yang dilaksanakan oleh siswi tingkat Aliyah.

3.  KEGIATAN TAHUNAN

a.     Penataran Methodologi Qur’anah yaitu kegiatan yang dilaksanakan setiap tanggal 11 sampai 15 Dzulhijjah wajib diikuti oleh siswi kelas III Tsanawi dan membuka pendaftaran bagi selain siswi Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah yang bertujuan untuk mencetak generasi guru-guru TPQ  yang berkualitas.

b.     PHBI atau Perayaan Hari Besar Islam meliputi;

·   Santunan anak yatim yang dilaksanakan pada bulan muharrom bertujuan untuk menumbuhkan jiwa solidaritas antar siswi

· Musabaqoh dan Maulidiyyah yang dilaksanakan setiap bulan Robi’ul awwal dengan diawali kegiatan musabaqoh (perlombaan) antar siswi meliputi lomba Cerkas, Pejuang Alfiyah, Syarhin Nadzmi, Tahafudz, Qiro’atul Kutub, Kaligrafi, Dziba’iyyah dan Khithobiyah kemudian ditutup dengan acara puncak pengajian umum memperingati hari kelahiran Rasulullah SAW.

c.     Kegiatan Akhirus Sanah meliputi;

·    Presentasi Mulhatul I’rob, kegiatan yang wajib di ikuti oleh semua siswi kelas VI Ibtida’iyyah untuk mempresentasikan hasil hafalan Nadzam Mulhatul I’rob dihadapan tim penguji dengan diajukan pertanyaan meliputi Satar awwal Nadzam, Pemahaman, dan murod nadzam. Dan bagi siswi yang lolos akan mendapatkan penghargaan.

·    Presentasi Alfiyyah Ibnu Malik, kegiatan yang wajib di ikuti oleh semua siswi kelas III Tsanawiyyah untuk mempresentasikan hasil hafalan Nadzam Alfiyyah Ibnu Malik selama 3 tahun dihadapan tim penguji dengan diajukan pertanyaan meliputi Satar awwal Nadzam, Pemahaman, dan murod nadzam. Dan bagi siswi yang lolos akan mendapatkan penghargaan.

·   Presentasi Fathul Mu’in, kegiatan yang wajib di ikuti oleh semua siswi kelas II Aliyah untuk mempresentasikan kitab Fathul Mu’in dihadapan tim penguji dengan diajukan pertanyaan meliputi Tarkib, Pemahaman, dan murod Kitab. Dan bagi siswi yang lolos akan mendapatkan penghargaan.

·  Tasyakuran  dan Purna Siswi tingkat II Aliyah yaitu pembekalan-pembekalan dan penyerahan piagan penghargaan serta penyematan kalung bagi siswi yang lolos presentasi kemudian dilanjutkan acara khataman Al-Qur’an dan pembacaan Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani

·  Pengajian Umum dalam rangka Haflah Akhir Sanah adalah kegiatan puncak dari rangkaian kegiatan akhir sanah serta penutupan tahun ajaran

Sistem Pendidikan MPG

Sistem pendidikan yang diberlakukan di Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah adalah sistem pendidikan ala pesantren yang lebih mengedepankan pemahaman materi keagamaan dengan cara membaca, menulis, menghafal dan memahami. Dalam penerapannya, pendidikan dan pengajaran dilaksanakan dalam beberapa ruang kelas yang telah disesuaikan berdasarkan kemampuan dan pola pikir masing-masing siswi atau dikenal dengan sistem klasikal. Selain itu ada juga penambahan materi pelajaran umum sesuai kebutuhan.

Untuk seragam, Madrasah menetapkan tiga macam seragam yakni: Hijau-Putih pada hari Sabtu dan ahad, Pramuka pada hari senin dan selasa, sedangkan untuk hari rabu dan kamis mengenakan seragam abu-abu dan putih. Siswi juga diwajibkan menggunakan Bros, Iket, bersepatu dan berkaos kaki warna hitam. Ketika mengikuti pelajaran siswi duduk di bangku dan bermeja.


Demikian sekilas gambaran aktifitas pembelajaran yang diberlakukan di Madrasah Puteri Al-Ghozaliyyah, Des. Bajingjowo Kec. Sarang Kab. Rembang Jawa tengah.
www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 comments:

Post a Comment